Skwaz

Yuk Catet!

Posted on: September 11, 2011


Yang rajin catat siklus haidnya angkat tangan…!!

Loh, gak ada???

Oh, ada di sebelah sana.

Nak kebidanan?

Ooo..

Tapi sayang yah, yang nyatet siklus haidnya sedikit.

Padahal nyatet siklus haid itu penting loh.

 

Maksudnya nyatet siklus haid tuh gimana?

Trus yang dicatet apa?

Manfaatnya apa?

 

Well…

Gadis-gadis yang sehat en normal rutin dapet haid tiap bulan. Nah, hari pertama haid bulanan itu yang kamu catet.

Misal, siang-siang bolong kamu kebelet. Trus kamu pergi ke WC. Ternyata kamu lihat eh kamu dapet.

Habis keluar dari sana bersegeralah ambil catatanmu dan catet tanggal berapa darah pertama itu keluar.

Kamu kudu punya buku khusus buat nyatet ini, biar kamu gampang mendeteksi masalah.

Atau, alternatifnya adalah kamu punya kalender pribadi yang bisa kamu corat-coret. Tiap kali haidmu dateng kamu tandailah disana.

Apa aja yang dicatat selain tanggal?

1. Warna darah yang keluar (merah kecoklatan, merah pekat atau coklat).

2. Jumlah darah.

Misal,

Hari pertama plek.

Hari kedua 2 kali ganti pembalut.

Hari ketiga 3 kali ganti.

Hari keempat bersih.

Atau.

Hari pertama, 3-4 kali ganti.

Hari kedua, 2 kali.

Hari 3, 2 kali.

Hari ke-4, plek.

Hari ke-5, plek.

Hari ke-6, flek.

Hari ke-7, bersih.

 

3. Kosistensi : bergumpal-gumpal, pekat, encer.

 

Jadi, yang kamu tulis (selain menandai tanggal pertama) :

Warna, jumlah & konsistensi.

 

Tapi, biasanya, ini bakal bikin kamu ngerasa ribet. Ujung-ujungnya gak kecatet.

Terutama buat yang kegiatannya seabrek.

Apalagi  cewek-cewek punya sifat dasar pelupa.

Kalau kamu rajin catet hari pertama haidmu tiap bulan aja itu udah bagus.

(Habis dicatet jangan lupa disimpaaan! Percuma aja nyatet-nyatet gak punya dokumennya)

 

Pencatatan ini berguna buat ngeliat siklus haidmu normal atau engga.

Siklus haid normal berkisar 21-35 hari, dihitung dari hari pertama haid ke hari pertama haid selanjutnya.

Gampangnya, kalau sebulan kamu dapet haid bisa 2 kali. Berarti siklusmu 21 hari.

Kalau kamu punya jadwal haid maju seminggu (bulan ini kena tanggal 11 bulan depan tanggal 4) berarti siklusmu 28 hari.

Kalau mundur seminggu, siklus 35 hari.

Kalau kamu gak dapet-dapet lebih dari 35 hari 3x berturut-turut segera cek kesehatanmu ke pelayan kesehatan terdekat.

Manfaatnya yang lain, kamu bisa tau kapan masa suburmu.

Teorinya, masa subur adalah 14 hari tepat sebelum haid berikutnya.

Kalau kamu udah nikah, mengetahui masa subur ini penting buat cepat mendapat momongan.

Masa subur cewek beda banget dengan cowok. Cowok bisa subur sepanjang hari di sepanjang hidupnya. Tapi cewek hanya 1 kali pengeluaran ovum dalam sebulan. Dan 1x itu yang menentukan kehamilan.

Nah, waktu ngumpul suami istri pas masa subur jadilah dia calon bayi yang lucuuu ><

(Alhamdulillah, akhirnya kita punya anak yang selalu mendoakan kita!)

 

Dan penting juga untuk menjarangkan kelahiran anak.

Ibu-ibu yang gak berkenan pake kontrasepsi (& dari pasangan berdisiplin tinggi) bisa menggunakan strategi ini untuk melakukan KB.

Tapi, yang belum nikah jangan coba-coba ngitung masa subur en menduga-duga masa diluar kesuburan untuk melakukan hubungan badan en ngira gak bakal hamil kalau lagi gak subur.

Kenyataannya, semua yang melakukan itu pada jebol.

(Serius. Kasus cewek-cewek sok pinter dilapangan itu begitu. Ngira, “ Wah, aku lagi gak subur ni. Ayo lakukan, aku gak bakal hamil.” Akibatnyanya. DO..

 

Gals,

Daripada takut hamil diluar nikah.

Takutlah pada Alloh)

 

Manfaat yang lain (selain mengetahui panjang siklus normal atau engga, lagi subur atau engga),

kamu gampang tau kalau kamu “telat” (hamil.red)

Ini penting mendeteksi kehamilan sedini mungkin, mencegah kamu gak makan sembarangan yang bisa ngebahayain janinmu.

 

Trus, kamu gampang tau kalau ada yang salah dengan kesehatan genitalmu.

Masalah susah hamil, penyakit kandungan, kanker, dll lebih dini diatasi bila terdeteksi dini.

 

Sooo..

Catet siklus haidmu ya cantik..!!

 

help-calendar-pregnancy

 

 

Aplikasi Kalender - Catatan Lengkap

 

 

Kalender Kontrasepsi (Subur-Gak subur)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: