Skwaz

Khidmat &Ikhtiar

Posted on: Mei 28, 2012


Hari ni luar biasa banget. Kerja 6 jam cuman dapet Rp. 10.000. SEPULUH RIBU!

Biasanya juga kerja sampe tengah hari aja udah dapet 50ribuan… T T

Aku udah cerita belum ya soal ini…

Hmm..

Ya sudah ya sudah..

So, everyone. I‘d like to present to you : Marhalah 3 – “khidmat & ikhtiar”

Disebut Khidmat & Ikhtiar karena kerjanya emang berkhidmat & berikhtiar.

Yang khidmat ngurus rumah, yg ikhtiar cari uang..

 

Jadi ceritanya aku yg santri APW ini ditahan uang + ATM PLUS dompet-dompetnya.

Kita dididik berwirausaha,entah bagaimana caranya harus cari uang buat makan.

Bener-bener dari NOL.

Tujuannya juga buat ngedidik kita bua bener-bener tawakal sama Alloh.

Dapat uang dari mana coba?

Tapi yakin Alloh Maha Kaya.

Kalau Alloh mau sebentar aja kita bisa ngedapetin uang.

 

Tiap santri digilir, gantian khidmat-ikhtiar.

Yang ikhtiar cari uang sebanyak-banyaknya dari modal yg nol.

Yang khimat ngurus asrama. Ya beres-beres. Belanja ke pasar. Masak buat yg ikhtiar : sarapan, makan siang, makan malam. Ngecuciin baju mereka. Ngejemurin. Nyetrikain.

Pendek kata, tiap kali ikhtiar kita ngerasa jadi bapak, tiap kali khidmat kita ngerasain gimana jadi ibu.

 

Banyak banget pelajaran yg didapat disini.

Hari pertama misalnya. Aku langsung dapet giliran khidmat.

Dari pagi aku udah kayak ibu rumah tangga aja. Hari pertama (khusus hari pertama) kita dikasih uang buat makan. Rp.20.000,- buat sehari semalam.

Belajarlah aku berhemat, gimana caranya tu uang biar cukup dipake belanja ini itu.

Pergi ke pasar, nawar sana nawar sini. Pulang. Masak.

 

Sambilan masak, aku nyuci baju. Baju temen-temen sekamar juga. Ngejemurin. Sambilan beberes kamar.

Kamar bersih,baju beres udah tengah hari nunggu yg ikhtiar pada pulang buat makan.

Disini aku bener-bener baru ngerti rasanya jadi istri nunggu suami pulang kerja.

Aku laper, tapi nunggu..

Nunggu mereka pada pulang.

Nunggu biar bisa makan bareng.

Aku kan gak sabaran ma namanya nunggu.

Sampe kepikiran macem-macem.

Gimana kalau mereka dapet uang trus jajan di luar? Padahal aku udah masak yg terbaik dari aku buat mereka senang.

Gimana kalau mereka ternyata udah kenyang?

Tiba-tiba aku galau.

Dan baru ngerti, kata orang suami yg baik itu suami yg gak suka jajan.

Aku baru tau itu benar.

(Jajan dalam makna konotasi, bahkan jajan dalam makna sebenarnya)

 

Buat para suami, ataupun calon suami.

Kalau istrinya masak, diusahain bisa gak bisa makan di rumah. Kalau kalian makan diluar itu pasti bikin dia kecewa.

Bikin dia sedih.

 

 

Gak lama temen-temen pada datang. Mereka kelaparan. Capek banget seharian nyari nafkah.

” Whuah! Masakan Cc enak banget.”

Akibat kelaparan masakanku yg biasa jadi enak banget.

 

:: Khidmat-Ikhtiar note

” Makanan terenak di dunia adalah semua masakan saat LAPAR ”

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: