Skwaz

Archive for the ‘Islam Zone’ Category

Bentar lagi nak2 kebidanan poltekkes tingkat III (angkatan 2008) bakal pergi ke Jakarta buat study tour.

Nambah kompetensi sekaligus (yg tentu saja) JALAN-JALAAAN !!!

Buat Cicilya dan kawan-kawan selama perjalanan supaya perjalanannya selamat en banyak barokah jangan lupa :

1. Berdzikir

Lafal zikir yang dapat kita baca saat perjalanan sangat banyak banget.

Kita bisa baca tasbih (Subhanalloh),

tahmid (Alhamdulillah),

takbir (Allohu Akbar),

tahlil (Laa ilaha illalloh) atau lafal-lafal lainnya yang telah dicontohkan oleh Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana sabda Rosul shollallohu ‘alaihi wa sallam,

“Dua buah kalimat yang ringan di lisan, berat dalam timbangan (mizan) dan dicintai oleh Ar Rohman: Subhanalloh wa bihamdih, Subhanallohil ‘azhiim.” (HR. Bukhori Muslim)

 

Dengan berdzikir insya Alloh kalian akan selamat sampai tujuan. Tambah limpahan rahmat dari Alloh. Ilmunya manfaat. Jalan-jalannya manfaat. Semuanya manfaat. Pulangnya selamat.

Kalau pun Alloh menakdirkan habis usia waktu study tour isya Alloh meninggalnya khusnul khotimah. Siapa yang mau???

Lo?

Lo?

Lo?

Gua juga.

 

2. Jaga Pandangan & Menutup Aurat

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya… ” (QS. An Nuur : 31)

 

Nah lho..

Di perjalanan nanti bakal banyak yang diliat. Apalagi kalian bakal ke tempat-tempat yang rame. Di tempat-tempat rame biasanya setan siap dengan anak panah-anak panahnya buat ngejerumusin manusia.

So, girls.

Pinter-pinter jaga pandangan.

 

Dan jaga pulalah pandangan orang yang akan (gak sengaja) ngeliat ke kalian. Jagalah matanya dari melihat yang haram.

Berusahalah tidak menjadi sumber dosa bagi orang lain.

Oke-oke??

 

3. Hati-hati Lapar Mata.

Kalian pasti bakal belanja kaaaan. Jangan terlalu boros yah.

Ingat..

Sesungguhnya orang yang boros adalah teman-teman setan, dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (Al Israa’ 27)

 

Supaya gak boros, jangan bawa semua uang yang kalian punya waktu belanja or jalan.

Kalau perlu di-list dulu barang yang mau dibeli, biar kantong/dompetnya gak jebol.

Belilah barang yang bener-bener penting en manfaat buat kalian.

 

Jangan tertipu diskon. Label diskon itu cuman pajangan. Harga asli ya setelah dipotongan berapa persen itu.

Beli barang yang bener-bener dibutuhin!

( Inget papah mamah nyari uangnya gak gampang..

Yang rezekinya banyak inget kalau harta yang abadi itu harta yang disedekahin bukan yang dipakai sendiri..)

 

 

4. Jaga Kesehatan

Hati-hati kalau jajan.

Jangan jajan sembarangan.

Istirahat yang cukup.

Jangan aji mumpung, “mumpung di Jakarta!”

Tau-tau kamu kecapekan trus sakit. Kan gak asik kalau sakit.

 

5. Yang Terpenting JANGAN LUPA SHOLAT!

Selalu inget buat taat ma Alloh yaa..

 

Semoga perjalanan kalian menyenangkan.

 

:*

 

 

 

 

Iklan

Jumat adalah hari yang mulia bagi setiap muslim.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu bahwa RasulullohshalAllohu ‘alaihi wa sallam mengatakan, yang artinya: “Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakan Adam ‘alaihissalam, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga pada hari itu dan kiamat akan terjadi pada hari Jum’at pula.” (HR: Muslim, Abu Dawud, Annasa’i, Tirmidzi dan dishahihkannya. Lihat Fiqhussunnah oleh Sayyid Sabiq bab Jum’ah).

Karena Jumat adalah hari yang spesial, maka kita harus melewatinya dengan cara yang spesial pula.

Yuk, kita intip bagaimana cara meramaikan hari Jumat nan ceria sesuai dengan tuntunan Rosul.

1. Perbanyak Sholawat

” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku..” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

2. Membaca Surah Al Kahfi

Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)

3. Berdoa

Disunnnahkan berdo’a karena berdo’a pada hari itu akan dikabulkan terutama pada waktu / saat mustajab (mudahj terkabul do’a). Hal ini terdapat hadits bersumber dari Jabir bin Abdillah. Dari Jabir bin Abdillah dari Rasululloh shalAllohu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau berkata, yang artinya: “Pada hari Jum’at ada dua belas waktu. Tidak ditemukan seorang muslim yang sedang memohon sesuatu kepada Alloh ‘Azza wa jalla kecuali pasti Dia memberinya. Maka carilah waktu itu, yaitu akhir waktu setelah ‘Ashr.” (HR: Abu Dawud, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud, hadits 926 hal. 196)

4. Mandi Jumat

Seperti halnya sholat Jumat. Mandi Jumat diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Mengenakan wangi-wangian

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

dan pastinya…

6. Sholat Jumat

Sholat Jumat adalah ibadah yang paling utama dihari ini. Sholat Jumat wajib bagi setiap laki-laki muslim, merdeka dan menetap.

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.”(QS 62: 9)

  • Laki kok gak sholat Jumat, ya gak laki...

    Ayo semarakan hari yang spesial ini dengan menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

    Happy.. Happy Friday!!

     

” Di surga kita bisa ngapain aja. Disana semua yang kita pengen ada. Mau minum langsung datang minuman. Mau buah tiba-tiba muncul buah.”

Satu jama’ah nyeletuk : ” Kalau rokok, Ustadz?”

Ustadz-nya diem bentar, ” Di surga ada rokok.”

Yang nanya senyum, senang.

” Tapi di surga gak ada apinya. Kalau mau api ambil di neraka.”

Haha.

Heran.

Kenapa sih di dunia ini masih aja ada perokok?

Jelas-jelas dibilang : rokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

Mereka bosan hidup?

Atau karena saking bodohnya?

Mereka buta? Tuli? Gak bisa membaca??

Setiap batang rokok yang dinyalakan mengeluarkan >4.000 bahan kimia beracun.

Kandungan asap racunnya :

– Bahan radioaktif

– Bahan cat

– Pencuci lantai

juga Tar, nikotin, karbomonoksida.

Tar itu aja mengandung seengga-engganya 43 bahan kimia yang bersifat karsinogen (penyebab kanker).

Belum lagi nikotin yang bersifat candu dan karbomonoksida yang mematikan.

Nilai IQ nurun.

Gigi kuning.

Nafas bau.

Apa sih yang mereka cari dari rokok?

Perasaan rileks??

Perasaan nyaman??

Inspirasi??

Inspirasi buat ngubah dunia dengan membuatnya lebih buruk sekaligus bunuh diri???

Bener-bener jenius!!

Dan 1 hal yang paling hakiki dari seorang perokok adalah bahwa dia itu GAK TAU MALU!

A-P-A-T-I-S !!!

Sudah tau orang gak suka dia ngerokok dekat kita masih aja ngerokok seenaknya.

Orang lain udah batuk-batuk, sesak nafas, hampir mati keracunan dia tetep cuek ngepal-ngepul asap.

Perokok itu lebih buruk daripada penzina.

Orang berzina seengga-engganya merugikan dirinya sendiri en lawan zinanya.

Tapi perokok, mereka ngebunuh pelan-pelan orang yang ada didekatnya. Bahkan orang-orang yang paling mereka cintai. Saking kejinya mereka gak nyadar en gak merasa bersalah.

You see this? Makan!

 

 

Enjoy it..

Pernah nonton ” My sister’s keeper” ?

Atau ” One litter Of Tears” ?

Or ” Nada Shou Shou” ?

3 film itu dari negara yang berbeda, tapi bagiku  1 hal.

Selesai nonton film itu dadaku sesak.

Gimana rasanya kalau kita harus pisah sama orang-orang yang sangat kita sayangi?

Gimana rasanya harus kehilangan mereka?

Dan gimana rasanya kalau harus ninggalin mereka?

Gimana rasanya begini…

Gimana rasanya begitu…

Gimana kalau ini…

Gimana kalau itu….

Banyak banget ” gimana” , “gimana..” ” Gimana..” yang bikin sesak.

Saking sesaknya nangis pun gak bisa.

Menangis itu lebih baik!

Karena dengan menangis kita bakal ngerasa lebih lega.

Satu hal yang bisa bikin kita lega.

Kita muslim.

Dan semua yang kita sayangi juga muslim.

Diketiga film yang disebutkan diatas.

Mereka yang disana ketakutan atas kematian.

Takut akan perpisahan.

Takut kan kesendirian.

Yang ditinggal terombang-ambing tentang apa mereka bisa ketemu lagi suatu hari nanti.

Mereka bingung.

Setelah mati, mereka yang mati bakal kemana?

Bakal ngapain?

Kalau mau ketemu, ketemu dimana?

Kapan?

Mereka bingung.

Mereka bilang mereka percaya mereka bakal ketemuan suatu hari nanti.

Tapi mereka juga ragu atas pendapat itu.

Tapi kita engga.

Islam ngejelasin hal yang mendetail tentang kematian, kehidupan setelah mati.

Surga dan neraka.

Semua jelas.

Dan kita seorang muslim.

Semua yang sangat kita sayangi juga muslim.

Setelah kita meninggal.

Masuk kubur.

Kiamat.

Hisab.

Kita bisa ketemu lagi sama orang-orang yang kita sayang ditempat yang lebih baik dari dunia ini.

Ditempat yang gak ada rasa takut dan sedih.

Semua yang kita mau ada di sana.

Pepohonan yang rindang.

Tidak pernah kering dahannya dan tidak pernah rusak daunnya.

Buah-buahan yang banyak lagi mudah digapai dengan tangan.

Debu-debunya dari misik, anbar dan kafur.

Sungai-sungainya terdiri dari susu, madu, arak dan air yang sangat jernih.

Waktu angin bertiup menerpa dedaunan, maka bersentuhlah antara daun yang satu dengan daun yang lainnya hingga menimbulkan suara yang sangat indah dan merdu, yang suara seindah itu belum pernah kita dengar di dunia.

Kita bakal ketemuan disana.

Maka bergembiralah!

Dan bersemangatlah!

Bersemangatlah berbuat kebaikan yang banyak untuk menjamin kebersamaan kita yang selamanya!

Maka bersemangatlah berbuat kebaikan yang banyak agar kita bisa bertemu lagi disana.

Maka bersemangatlah!!

Dan ketika seseorang yang kita sayangi harus pergi maka relakanlah.

Yakinlah.

Suatu saat nanti kita pasti akan bertemu lagi dengannya di tempat yang lebih baik.

-Selamat jalan tante. Semoga kita bisa cepat bertemu kembali-

-Taat kepada Kedua Orang Tua-

Aku gak tau habis lulus ini mau apa.

Sebenernya langsung mau kuliah. Tapi seperti yang udah kuceritain kemaren-kemaren, semuanya jadi nyerempet mustahil.

Rencana hidup aku ma Riris setahun kedepan hancur berantakan.

Dia ngadu-ngadu di hape bilang, ” Ciiiii, kata Pak Lamri SKL-nya bener-bener gak bisa keluar sebelum yudisium. Whuaaaaaaaa!”

Capek deh.

Bukannya dari kemaren-kemaren ya aku udah kasih tau.

Tu anak terlalu banget.

Aku bilang, ” udaaaaaah. Nikah aja sana. Mamahmu beneran dah gak sabar mau gendong cucu lok?”

Dia langsung histeris, kayaknya geli bin jijik banget disuruh cepet nikah.

So, kita ngapain ya?

Kerja?

Nangung gak sih kerja di tempat yang bagus sekalian tapi cuman buat kurun waktu yang gak sampe setahun (secara kalau pendaftaran mahasiswa baru udah buka kita mo cepet-cepet cabut).

Buat lowongan guru TK aja minimal harus mengabdi setahun.

Pak Wid bilang, ” Ya gak lucu lah, Ci. Masa kamu nanti ditengah jalan bilang sama anak-anak muridmu. Anak-anak, Bunda ngajarnya sampai sini dulu ya. Soalnya Bunda mau sekolah lagi.”

Aku ketawa.

Trus Pak Wid juga bilang, ” kayaknya belum ada e, Ci Tk yang akselerasi.”

Haha, Pak Wid ngelawak.

Tapi bener juga sih.

(Kenapa juga ngelamar jadi guru Tk, Cicilya? Kuliah kebidanan, jadi bidan sana!)

Dimana? Rumah Sakit?

Lebih gak mungkin.

Di Bidan Praktik Swasta?

Yup. Bisa juga.

Tapi kamu tau kan, aku gak suka dinas malam.

Masa seenak-enaknya minta pagi terus. Mangnya apaan?

(Ya Sudaaaah. Kamu nikah. Kamu yang nyuruh-nyuruh Riris nikah. Kamunya gak nikah. Hati-hati “Kaburo maktan…”)

Nah, itu dia.

-lagi2, kenapa topik ini muncul terus. heran-

Jadi, gini.

Mamah minta aku sekolah dulu, Skwaz.

Kamu tau kan aku selalu ngikut yang mamah minta walau aku gak suka.

kamu juga tau, aku bukannya gak punya cita-cita sendiri. Bukannya gak punya kemauan sendiri.

Tapi memang seperti inilah hidup yang aku mau.

Bikin seneng mamah papah. Bikin orang tua seneng.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23)

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.”[1]

Kondisiku ini kebalikan banget ma Riris.

Mamah papahnya Riris pengen dia cepet-cepet nikah. Tapi dia pengen sekolaaaaaaaah sampe jauh.

Aku pengen disegerakan. Tapi papah mamah bilang sekolah dulu sampai tuntas.

Ya udah, Ris. Tukeran tempat yuk, Ris.

 

 

__________________________


[1] Adabul Mufrod no. 2. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan jika sampai pada sahabat, namun shahih jika sampai pada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam

Dear Skwaz..

Ada yang bikin aku ngeganjel sejak denger ceramah peringatan Isra Mi’raj di kampus.

Aku dateng bukan buat ngikut acara peringatannya. Aku aja datengnya telat. Beneran, gak niat buat ikut-ikut isra mi’raj.[1]

Aku dateng karena pasti mereka ngomongin rosul, karena kamu tau kan aku nge-fans banget sama rosul jadi siapa aja yang en dimana aja yang lagi nyeritain beliau aku bakal nimbrung.

Belum-belum aja aku udah nangis. Sedih banget adek-adek tingkat yang duduk deketan ma aku di teras, ngeliat aku nangis dikiranya aku kenapa.

Habis tiap nama rosul disebut aku langsung kangen banget. Gak tau. Pokoknya jadi kangeeeeeen banget! Pengen ketemu!

Ibarat jumpa fans, kalau yang banyak amalnya dideretan paling depan. Aku udah seneng banget (en pastinya udah nangis-nangis) walau cuman bisa liat beliau dari luar en dari jauh.

Tapi aku ini siapa yah, mungkin gara-gara kebanyakan dosa en saking buluknya ngeliat aja gak sempet.

-jiah! nangis lagi. jangan sekarang!!! balik ke topik-

Nah, tu ustadz yang ngisi kocak banget. Masjid jadi kegoncang-goncang gara-gara beliau ngajak jama’ahnya ketawaan.

Beliau cerita, dari SD kelas 3 beliau udah masuk pesantren. Jadi seumur-umur gak pernah itu nemu makhluk yang namanya cewek.

Naaaah,

pas banjir bandang en semua lingkungan pesantren kerendem. Berkeliaranlah mereka keluar dari kandang, termasuk anak-anak pesantren putri.

Yang namanya pesantren putri. Santrinya pasti besar-besar jubahnya.

” Bajunya besar, roknya besar, jilbabnya besar. semuanya besar-besar.”

Trus, ustadz-nya cerita. Tapi karena banjir tu santri-santri putri ngangkat roknya mereka sedikit sampe mata kakinya keliatan.

” Saya ngeliat mata kakinya itu, 3 hari 3 malam saya gak bisa tidur!!”

masjid goncang-goncang gak karu-karuan lagi.

Adeknya : ” Ya Allooooh, ustadz. Cuman liat mata kaki!!!” -ketawa guling2-

Aku bukannya ketawa malah syok.

Bisa sebegitu membawa fitnahnya aurat perempuan. Bahkan “hanya” terlihatnya mata kaki!

MATA KAKI!!!

Habis itu aku banyak-banyak istigfar. Bilang ma diri sendiri, ” aurat dijaga baik-baik, Ciiii, Ci!”

Yang ngeganjel tu ini.

Tiba-tiba ceramahnya nyerempet soal Wahabi. Ustadznya bilang Wahabi itu aliran sesat. Langsung aja kening aku ngerut.

Aku pernah baca, banyak orang yang mengata-ngatai Wahabi sesat sebagai pemicu perpecahan umat ini. Padahal Wahabi itu meluruskan pemahaman-pemahaman mereka yang mulai bengkok.

Artikel yang aku baca ditulis oleh Ust. Ali Mursi SP. Beliau adalah rektor Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i di Jember. Artikel ini disampaikan beliau pada Tabligh Akbar di Jeddah, Saudi Arabia.

Beliau menjelaskan bahwa nama Wahabi itu disebut-sebut dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, seorang ulama terkemuka yang menonjol dalam meluruskan ajaran Tauhid (mengesakan Alloh). Sehingga ajaran-ajaran yang melenceng dari ajaran yang lurus ditiadakan. Karena hari demi hari dakwah tauhid semakin tersebar mereka para musuh dakwah tidak mampu lagi untuk melawan dengan kekuatan, maka mereka berpindah arah dengan memfitnah dan menyebarkan isu-isu bohong supaya mendapat dukungan dari pihak lain untuk menghambat laju dakwah tauhid tersebut. Diantar fitnah yang tersebar adalah sebutan wahabi untuk orang yang mengajak kepada tauhid.

Sama seperti Rosululloh dulu yang difitnah sesat, gila, tukang tenung sama orang-orang kafir Quraisy. Padahal seruan rosul adalah buat kembali untuk semata-mata menyembah Alloh saja.

Misal beliau mengajarkan untuk tidak mengkultuskan wali-wali dan kuburan-kuburan mereka serta orang-orang alim. Sebagaimana rosululloh mengajarkan untuk bersikap sewajarnya atas sesama manusia (bahkan terhadap rosul sendiri) dan meratakan kubur. Bukannya banyak memberi banyak hiasan dikuburan, dikeramik, diberi segala macam pernak-pernik yang banyak terjadi seperti sekarang ini.

Jadi, begitu…

Intinya yang ingin saya sampaikan disini adalah mari banyak belajar. Jadi kita gak asal telan informasi. telan bulat-bulat, mentah-mentah tanpa ditilik kebenarannya.

Ibarat lagi bikin penelitian. Semuanya harus valid dasar teorinya. Referensinya yang mana. Penulisnya bener-bener expert gak dalam bidangnya en atas buku yang ditulisnya, hingga jadi referensi kita.

So, kita jadi gak gampang dipecah belah juga.

Sepakat?

Sepakaaaaaaat.

-ketok palu-

^^v


[1] yang belum tau alasan aku gak mau ikut-ikut en pengen tau, klik ini http://ustadzkholid.com/fiqih/peringatan-isra-miraj/  atau ini http://almanhaj.or.id/content/1546/slash/0

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan rasa sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman utang dan laki-laki yang menindas-(ku)

HR. Bukhari: 7/158, “Adalah Rasulullah banyak (membaca) doa ini, lihat Bukhari dalam Fathul baari: 11/173)